Home » » Jenis-jenis Musang Untuk Dipelihara

Jenis-jenis Musang Untuk Dipelihara

Jenis-jenis Musang Untuk Dipelihara
Jenis musang
Jenis-jenis Musang Untuk Dipelihara, Musang adalah nama umum bagi sekelompok mamalia pemangsa (bangsa karnivora) dari suku Viverridae. hewan ini kebanyakan merupakan hewan malam (nokturnal) dan pemanjat yang baik.
Yang paling dikenal dari berbagai jenisnya adalah musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus). Musang ini biasa hidup di dekat pemukiman, termasuk perkotaan, dan sering pula didapati memangsa ayam peliharaan (agak menjengkelkan untuk pecinta ayam) di malam hari.
Jika anda tinggal disekitar lingkungan yang masih asri dalam arti masih banyak pepohonan, perkebunan dekat dengan sungai anda pasti pernah menjumpai binatang musang ini
Musang bertubuh sedang, dengan panjang total sekitar 90 cm (termasuk ekor, sekitar 40 cm atau kurang). Abu-abu kecoklatan dengan ekor hitam-coklat mulus.
Sisi atas tubuh abu-abu kecoklatan, dengan variasi dari warna tengguli (coklat merah tua) sampai kehijauan.Jalur di punggung lebih gelap, biasanya berupa tiga atau lima garis gelap yang tidak begitu jelas dan terputus-putus, atau membentuk deretan bintik-bintik besar.
Sisi samping dan bagian perut lebih pucat. Terdapat beberapa bintik samar di sebelah menyebelah tubuhnya. Ada beberapa jenis/ras musang seperti :
  •     Musang rase (Viverricula indica), di Sumatra dan Jawa
  •     Musang tenggalung (Viverricula malaccensis), di  Semenanjung Malaya dan Kalimantan
  •     Musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus)
  •     Musang akar (Arctogalidia trivirgata)
  •     Musang galing (Paguma larvata)
  •     Lingsang (Prionodon linsang)
  •     Binturung (Arctictis binturong)
Dahulu binatang Musang ini sering diburu karena dianggap menyusahkan para petani dan peternak. Ada yang diburu untuk diambil kulitnya.
Sampai saat ini perburuan musang masih terjadi walaupun tidak sesering dulu, berbagai komunitas hewan peliharaan yang ada di Indonesia, mencoba melestarikan kehidupan musang sehingga mereka tetap bisa eksis tanpa harus diburu.
Komunitas pecinta musang mulai berdiri seperti yang saya tahu sudah ada komunitas online di www.Kaskus.com. Mereka mencoba memperkenalkan hewan ini sebagai hewan peliharaan yang lucu dan juga aktif.
Share this article :
 
Template by Hack4rt | Facebook | Twitter
Powered by Mastemplate